Joran

Macam Jenis Joran Pancing Beserta Gambar dan Keterangan


Memancing memang bukan terbilang hobi yang murah. Dimana cukup banyak sekali perlengkapan mancing yang bermacam-macam. Disamping umpan dan senar, tentunya setiap pemancing juga membutuhkan joran pancing. Cukup banyak jenis joran pancing yang mempunyai ukuran dan karakter yang berbeda-beda. Dalam artian, tidak semua joran cocok digunakan di berbagai perairan tertentu. Ada joran khusus untuk memancing di air tawar seperti kolam, sungai, laut lepas, tambak dan sebagainya. Begitupun sebaliknya, ada macam jenis joran pacing yang hanya bisa digunakan di laut (air asin). Tentunya untuk masalah kualitas dan kekuatan joran sudah berbeda yang mana semua itu sudah dibedakan berdasarkan harga.

Memilih joran yang tepat memang sudah menjadi sudah menjadi bagian yang cukup penting. Jika salah menggunakan joran pancing yang tidak semestinya, tentunya hal ini juga bisa menghambat para pemancing untuk mendapatkan ikan yang sedang diincar. Misalnya para pemancing memakai joran air tawar seperti joran ice fishing untuk memancing di laut, maka rasanya kuranglah tepat. Jika memaksakan, mungkin joran akan tidak kuat dan patah. Rakitan joran di air laut harus lebih lengkap dan kuat, berbeda dengan koran air tawar yang tidak terlalu bervariasi dan ukurannya sendiri memang lebih pendek. Berikut macam jenis joran pancing, lengkap dengan kegunaan dan gambar yang bisa langsung disimak.

1. Joran Spinning


Joran spinning merupakan jenis joran yang menggunakan rel spinning. Kebanyakan jenis joran yang satu ini dipakai saat memancing menggunakan teknik casting. Dimana akurasi dan jauh lontaran joran ini memang sangat cocok digunakan untuk memancing teknik casting di laut. Joran yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan besar di laut seperti ikan kerapu, barakuda dan sebagainya. Harga jenis joran yang satu ini sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung merk joran.

Ciri Joran Spinning:

§  Terbuat dari bahan fibber dan grafit
§  lentur dan tidak berkarat.
§  enteng
§  Rata-rata panjangnya 150 - 210 cm
§  Model Reel: Spinning rel
§  Spinning: Tergantung selara

2. Joran Baitcasting



Joran baitcasting adalah salah satu jenis joran yang sangat cocok digunakan memancing di berbagai tempat yang sulit dan sempit. Misalnya rawa-rawa dan sungai. Hanya saja untuk menggunakan jenis joran yang satu ini agak sulit, karena membutuhkan akurasi yang tepat. Cara penggunaan atau melemparnya sendiri juga berbeda, yakni dilempa dari arah samping ke depan, bukan dari belakang ke atas. Joran ini ini sangat cocok untuk memancing ikan lele, gabus dan ikan predator lainnya yang berada di perairan keruh.

Ciri Joran Baitcasting:

§  Panjang rata-rata, mulai dari 150 - 200 cm
§  mempunyai tumpuan pegangan khusus untuk jari telunjuk pada dudukan rel
§  model rel : Baitcasting rel
§  Ring Guide: Diameternya lebih kecil daripada ring joran spinning.

3. Joran Surf Casting



Bagi penghobi yang berencana memancing dipinggiran pantai atau laut, sebaiknya memilih jenis joran yang satu ini. Joran surf casting biasa kerap digunakan oleh para pemancing profesional di atas teping di pinggiran laut. Namun jika menggunakan joran tyang satu ini harus menggunakan reel yang besar, suupaya bisa menampung senar yang lebih panjang.

Ciri Joran Surf Casting:

§  Panjangnya biasanya diantara 360 hingga 500 cm.
§  Gagang / grip: gagang terbuat dari bahan yang kuat dan panjang, supaya lebih memudahkan setiap pemancing untuk melempar kail lebih jauh lagi.
§  model : antena dan sambungan
§  Reel: spinning reel yang bisa sampai 5000 ke atas.

4. Joran Popping


Joran popping sangat cocok digunakan bagi pemancing yang gemar menggunakan umpan buatan yang terbuat dari bahan kayu ataupun plastik yang biasa disebut popper. Meskipun terlihat biasa-biasa saja dan ringan, namun joran yang satu ini sangat kuat yang mampun mengangkat beban sekitar 50 kg. Jenis joran yang satu terbuat dari bahan carbon composite, sehingga cukup kuat dan kokoh. Biasanya Joran yang satu ini terbagi menjadi beberapa tingkat kekuatan atau kualitas dengan istilah yang berbeda-beda. Mulai dari PE6, PE8, PE10 dan seterusnya. Jika semisal para pemancing ingin mencari joran dengan kekuatan senar terkuat, maka pilihlah joran dengan kode PE 6.

Ciri Joran Popping:

§  panjangnya joran bisa sampai 210 hingga 260 cm
§  model reel: spinning reel dengan ukuran 5000 ke atas.
§  Model: sambungan (2-3 piece)
§  Ring Guide: Cukup mirip dengan ring spinning pada bagian ring yang ukuran diameter pangkalnya lebih besar yang terbuat dari metal alloy dan silicon carbide supaya tidak mudah rusak tergesek oleh senar ketika mengangkat beban ikan yang berat.

5. Joran Jigging


Joran Jigging yang yang bisa digunakan bagi pemancing yang gemar memakai teknik jigging, yakni teknik menggunakan umpan metal jig yang dicelupkan ke dalam air. Teknik memancing dengan menggunakan joran jigging adalah dengan cara di tarik-tarik secar random, sehingga menimbulkan reaksi yang seakan-akan umpan ikan berusaha naik ke permukaan. Jenis joran yang satu ini merupakan joran yang telah dirancang khusus terbuat dari bahan yang cukup kuat.

Ciri Joran Jigging:

§  panjang rata-rata antara 150 - 210 cm
§  model reel: Reel spinning mulai dari ukuran 4000 ke atas
§  Model: joran ini mempunyai diameter kecil, namun mempunyai blank yang panjang agar joran tetap lentur.
§  Ring guide: memiliki 1 ring guide besar yang biasa disebut stripping guide dan beberapa ring guide berukuran kecil yang biasa disebut snake guide.

6. Joran Trolling


Joran trolling adalah joran yang diciptakan khusus bagi pemancing gemar menngunakan teknik trolling. Teknik trolling sendiri adalah teknik memancing ikan dengan cara menyeret umpan di atas kapal dengan kecepatan sedang. Jenis joran yang satu menggunakan reel jenis overhead (reel yang di pasang di atas joran).

Ciri Joran Trolling:

§  panjang joran bisa samoai antara 150 - 210 cm.
§  model reel: reel tipe overhead sesuai dengan teknik trolling
§  Model: terdapat 2 tipe joran yang bisa dipilih diantaranya joran lurus dan bengkok
§  Line Guide: terbagi menjadi light dan medium trolling sampai dengan 50lbs (22,5 kg) dan menggunakan ring guide. Sementara itu Heavy trolling 50lbs ke atas dengan menggunakan roller guide.

7. Joran Ice Fishing


Joran ice fishing ini sangat cocok dipergunakan untuk memancing di kolam ataupun danau, megingat rakaiannya tidak terlalu ribet dengan jenis joran lain. Joran yang lebih cocok dipergunakan untuk memancing berbagai ikan predator air tawar seperti lele, tombro, bandeng, nila, mujair dan sebagainya.

Ciri Joran Fishing:

§  Tidak terlalu panjang (sedang)
§  Model reel: tergantung kesukaan setiap pemancing, bisa menggunakan spinning reel, overhead reel dan reel kecil.
§  joran ini modle sambungan dan teleskopik

8. Joran Fly Fishing


Joran fly fishing adalah joran yang telah dirancang khusus untuk melemparkan umpan yang bernamana FLIES. Umpan ini sendiri berbentuk menyerupai serangga dengan berat relatif yang lebih ringan yang dapat dilempar dalam jarak yang cukup jauh. Untuk bagian gagangnya terdapat variasi model model grip yang biasa dipakai untuk menangkap berbagai ikan kecil.

Ciri Joran Fly Fishing:

§  panjang umumnya bisa sampai 180 - 450 cm
§  model reel: termasuk reel khusus yang sudah didesain untuk fly fishing
§  joran ini mempunyai diameter kecil, namun mempunyai blank yang panjang lentur
§  mempunyai 1 ring guide yang besar yang biasa disebut sebagai stripping guide dan ring guide kecil

9. Joran Antena (Telescophic)


Mungkin jenis joran yang satu ini paling banyak digunakan oleh kebanyakan penghobi mancing yang mana paling mudah digunakan. Disamping itu, untuk membawanya dan merancang kepanjangan joran sesuai selera. Dimana joran antena ini juga disebut sebagai joran atena yang bisa disambung sesuka hati.

Ciri Joran Antena:

§  panjangnya bisa sampai 150 hingga 500 cm (tergantung spot)
§  model reel menggunakan reel spinning
§  Ujung atas bagian tip (ujung joran)  merupakan bahan keras dan berisi. Bagian pangkal joran dan bagian sebelum tip kosong

10. Joran Bambu


Joran walesman atau juga sering disebut sebagai joran bambu yang juga terbilang paling banyak digunakan. Biasanya ada beberapa jenis yang bagian pangkal jorannya terdapat berbagai ukiran sebagai pegangan. Harga joran yang satu ini terbilang murah dan bisa dijangkau semua kalangan.

Ciri Joran Bambu:

§  panjangnay bisa sampai 80 hingga 120 cm
§  terdapat ukurian pada pangkal joran sebagai pengangan.
§  Terdapat sambungan yang cukup kuat antara joran dan batang bambu

11. Joran Pole (Tegek)


Jenis joran yang satu cukup praktis dan tidak sulit menggunakannya. Berbeda dengan joran lain yang terlebih dulu harus melemparkan jauh-jauh umpan. Cukup cemplungkan umpan saja di jarak dekat ketikan menggunakan joran pole. Cepat, praktis dan mudah dibawa.

Ciri Joran Pole:

§  panjangnya bisa sampai 300 hingga 600 cm
§  tidak mempunyai ring guide dan reel seet
§  sebenarnya terdapat dua jenis joran pole dengan fungsi berbeda, diantaranya sebagai slow action dan fast action

Berbagai Bahan Pembuatan Joran

Bahan pembuatan joran yang pertama ialah graphite. Berdasarkan pendapat kebanyakan penghobi yang sudah sangat berpengalaman. Joran yang terbuat dari bahan yang satu ini mudah patah. Joran yang terbuat dari graphite sangat cocok digunakan mancing dengan teknik popping, jigging dan casting. Meskipun terkesan gampang rusak, namun joran terbuat dari bahan graphite sangat sensitif terhadap hentakan ikan, sehingga sedikit lebih mudah dan bersensasi ketikan menarik ikan.

Disamping graphite, ada juga joran yang terbuat dari bahan fiberglass. Semua pasti tahu, bahwa joran yang terbuat dari bahan fiberglass sangat kuat dan tidak gampag patah. Sangat cocok digunakan untuk memancing di laut yang berisi berbagai ikan besar. Untuk masalah harga, harga joran yang terbuat dari fiberglass terbulang lebih murah dibandingan dengan joran graphite.

Bahan pembuatan joran terkhir yang juga cukup banyak digunakan oleh paar spot mancing di Indonesia adalah bahan komposit. Bahan ini merupakan campuran dari bahan graphite dan fiberglass. Untuk itu, untuk masalah kekuatan, joran komposit sudah tidak perlu diragukan lagi.  Teksturnya lebih lentur dan bobotnya lebih ringan. Tentunya harga joran yang terbuat dari bahan ini lebih mahal dibandingkan dengan bahan ke dua joran di atas.

Baca Juga Cara  MANCING DI LAUT  atau Cara Memilih Reel



.:: Sumber

Related : Joran

0 Komentar untuk "Joran"