Followers

Latest Post

Teknik Memancing dan Umpan Ikan Patin

Written By mas tris on Saturday, March 30, 2013 | 3:23 PM

Hobby Mancing

Teknik Memancing dan Umpan Ikan Patin


Teknik Memancing dan  Umpan Ikan Patin. Pegasius atau biasa juga disebut ikan patin atau jambal adalah jenis ikan yang bermain di dasar. Untuk pemancing jenis ikan ini berikut adalah tips dan trik memancing ikan ini.


Rangkaian pancing ikan patin bisa menggunakan pelampug atau tidak (glosor). Rangkaian ikan pancing bisa terdiri 1 atau 2 mata kail ukuran kecil sampai sedng. Hal ini dikarenakan ikan pegasius tidak memiliki mulut yang terlalu besar. Gunakan kawat nikelin kecil dan lemas aau kenur pandu / lider, kili-kili dan timah pemberat ukuran kecil.

Yang harus diingat, apabila anda lebih suka pada pelampung adalah jarak kail samapai pelampung harus sepanjang dalamnya sungai atau kolam agar umpan dapat menyentuh dasar.

teknik mancing patin
Pertama-tama ikatan pancing ke nikelin / kenur pandu sepanjang 5-7 cm, kemudian nikelin atau kenur pandu tersebut (apabila ada dua, kedua-duanya) diikatkan ke kili-kili.

Sebelumnya kili-kili itu diikatkan ke senar utama, jangan lupa masukkan timah pemberat di kenur utama. Pastikan timah pemberat yang digunakan adalah jenis yang bolong di tengah (timah melinjo) sehingga timah dapat bergerak leluasa di senar utama.

Setelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yang tersambung dengan mata kail. Setelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timah tidak berjalan terlalu jauh dari kili-kili. Jarak 5 cm biasanya sudah cukup memadai.

teknik mancing patin

Setelah umpan yang terpasang dilempar , pastikan senar berada di garis lurus antara pemancing dan umpan. Tidak perlu menarik senar sehingga tegang, justru biarkan agak kendor sehingga senar bisa terlihat terapung di atas air membentuk satu garis. Apakah ikan menyambar, maka pemancing akan melihat garis yang terbentuk dari senar di atas air tersebut berjalan.

Ikan patin tidak akan membawa umpan dalam satu kali sentakan, begitu senar bergerak beberapa saat cepat-cepat sentak joran anda. Telat menyentak akan mengakibatkan umpan dilepehkan oleh ikan dan terlepas.

Ikan patin akan terasa mengasikan apabila dipancing dengan senar kecil. Untuk pemula disarankan senar berukuran 8-12 lbs, bagi yang menyukai teknik fight “tarik-ulur” disarankan menggunakan senar berukuran 2 – 6 lbs.

Jangan lupa setelan drag yang disesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak akan membuat ikan patin berukuran besar melawan dengan kuat, anda biasanya akan merasa berat, tetapi semakin ke pinggir maka ikan akan mulai “mengamuk”.

Hati-hati, sentakan mendadak dari patin terhadap senar kecil dapat memutuskan tali senar. Ketika ikan sudah dekat dan siap untuk diangkat, siapkan serokan untuk mengangkat ikan. Ingat jangan memegang tali apabila ingin mengangkat ikan untuk diserok. Apabila menggunakan kenur kecil, ikan patin yng hendak diserok biasanya akan melawan dengan keras dan kemungkinan besar putus.

Umpan ikan patin
Resep 1
1. Pake 5 bungkus roti rasa keju harga Rp. 1.000,-
2. Diseduh air panas secukupnya. Aduk hingga pulen

Resep 2
1. Roti tawar
2. Dikasih kuning telor bebek sama terasi udang sedikit
3. Campurin sama pelet

Resep 3
Remukan roti + sedikit buavita jeruk + banyak kara.
- Cacing murni
- Pelet + kara
- Tepung roti + kara
- Roti sobek manis, polosan aja

Cara pembuatan:
1. Cacing murni langsung ke kail.
2. Pelet + Kara = campur jadi satu + diaduk merata.
3. Tepung roti + Kara = campur jadi satu + diaduk merata.
4. Roti langsung ke kail.

Resep 4
Umpan ini cukup simpel, karena hanya memakai rebusan ikan mas. caranya, ikan mas di siangi (usahakan kulitnya tidak rusak), kemudian rebus dengan air. setelah matang, angkat ikan mas dan pisahkan kulit dan dagingnya. kulit ikan mas di buat umpan di satu mata kail dan daging ikan di pake untuk bom di satu mata kailnya (bisa di campur pelet).

Resep 5
Bahan:
1. Roti tawar sari roti 1 (satu) ball,
2. Kara 2 bungkus kecil,
3. Vanilli 2 bungkus kecil.

Cara Pengolahannya:
Roti di buang kulitnya (nanti bisa buat bom), kemudian di parut atau pun di blender sampai halus. setelah halus campurkan santan kara dan vanelli. aduk adonan ini sampai kalis, sampai tidak lengket ditangan yg mana setelah tidak lengket umpan ini akan terasa lembut sekali (jika masih keras tambahkan kara lagi).

Umpan tadi sudah bisa di pergunakan di mata kail, dan apabila memerlukan bom, gunakan kulit roti atau roti segar untuk efektifitasnya.

Sekian dulu yah informasi dari sepertiga.com tentang Teknik Memancing dan  Umpan Ikan Patin semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah mengunjungi.

sumber  : sepertiga.com

Album

Written By mas tris on Thursday, March 28, 2013 | 11:38 AM

Hobby Mancing
Lokasi Teratak Buluh

Ikan Baung

Ikan Baung (baung pisang)



Ikan Juaro

Ikan Lele




Persiapan Mancing..

Hobby Mancing
  • Persiapan sebelum memancing Persiapan dimulai dengan mengatur dan memilih alat alat pancing ( tackle ) yang akan kita bawa menuju spot, dan ingat beda teknik beda peralatan loh , jangan melakukan hal konyol dengan membawa tegeg untuk jigging apalagi popping … kagak bisa coyyy … yang paling parah adalah mau mancing ga punya pancingan … itu mah kebangeten kali yah ???,


  • Kapal Pancing carilah kapal pancing yg sudah ternama atau familiar dan berpengalaman kalo bisa malah ada tambahan Fish Finder + GPS ,.. jangan gara gara murah lalu nekat pakai kapal murah .. dan ternyata tuh kapten kapal nggak punya spot untuk mancing, jangan ragu untuk cari informasi di majalah ataupun dengan senior2 di FF ini untuk share kapten yg mereka sering pakai lebih baik mancing 1 bulan sekali tapi hasil bagus dari pada ngotot tiap minggu pergi tapi ..BONCOSSSSSS


  • Target Mancing Tetapkan target mancingnya, misalkan mau cari teggiri ya udah kejar dulu tenggirinya .. tetapi kalo dapet alu alu atau GT mah anggap aja bonus 


  • Lokasi Menentukan kalau sudah dapat kapten .. anda bisa bertanya sama kaptennya .. kira2 spot si kapten itu ikan apa .. dan teknik apa yg mau dipake, ngoncer , popping , jigging, nungging ??? jadi kita nggak membabi buta bawa peralatan , dan sudah siap untuk setingan pancingnya


  • Cuaca Jangan sungkan cari informasi untuk mengetahui keadaan cuaca .. .. karena cuaca termasuk element penting kalau kita hendak melaut ..


  • Obat Obatan ( P3K )& logistic bawalah obat obatan pribadi anda .. ingat dilaut tidak sama dengan di darat .. pertolongan dilaut membutuhkan waktu yg lebih lama daripada di darat, jangan lupa perbekalan makanan .. saking semgatnya beresin peralatan pancing .. perbekalan makanan kita malah ketinggalan 


  • Bawa Duit  jangan lupa bawa duit .. siapa tahu anda janji sama orang rumah .. mau bawa ikan hasil pancing .. kalo ngak dapet beli aja ... tapi kalau saya sih kalo nggak dapet .. ya udah .. bulan depan coba lagi .... he he he 

          Semoga Berguna 

sumber: http://ipa3-reyhan.iwarp.com

Mancing..

Hobby Mancing

Apakah Mancing Dapat Menjadi Obat Stress?
Jawabannya ialah iya. Stress adalah salah satu penyakit yang menyerang pikiran, syaraf – syaraf tubuh menjadi tegang dan penat karena beban pikiran yang jenuh dan berakhir pada kelelahan pikiran..betul?  banyak orang stress meluangkan waktunya dengan berbagai macam hobby yang menyenangkan, jalan – jalan, rekreasi, olahraga , shopping dan lain lain yang intinya mengobati kelelahan pikiran dengan kegembiraan yang sesuai dengan keinginannya  Hobby mancingadalah salah satunya.. moga – moga thesis filsafat saya benar.
mancing ikan
mancing ikan
Nah mancing sendiri  adalah salah satu hobby yang mengasikkan , mancingmelatih pikiran untuk focus, hobby ini bisa mengajarkan orang untuk bersabar dan bersabar. Meski kalau sepintas dilihat cuma diam dan menunggu ( banyak orang bilang ini adalah pekerjaan yang membuang waktu ) tapi..untuk bisa mendapatkan ikan juga dibutuhkan konsentrasi lho…sedikit anda hilang konsentrasi pada pelampung yang bergerak, kemungkinan pakan yang ada di mata kail hilang.
Kesabaran pemancing pun kadang juga bisa dilihat saat ia menarik joran yang  sudah di tarik ikan. Teknik yang bagus akan memberikan hasil ikan dapat diangkat..kalau anda terburu- buru menarik senarnya mungkin saja ikannyamalah lolos apalagi kalau ikannya yang besar. Ternyata orang memancing masih butuh pengetahuan juga ya..? lha iya dong…butuh kejelian juga lho
Banyak pemancing bilang bahwa kadang – kadang setelah mereka memancingseharian, mereka pulang ke rumah tanpa hasil apa – apa. Ikan kecil pun tidak..tetapi masih bisa tersenyum..padahal kalau diitung -itung biaya untuk beli pakan, pancing, biaya perjalanan kalau dibelikan ikan di pasar udah bisa buat makan sekeluarga..
Namanya juga hobby…kata orang bijak, hobby itu tak kenal harga…yang namanya kesenangan itu tak bisa dinilai dengan uang…asal stress ilang, perasaan plong tubuh bugar… selesai tak habis pikir mau habis berapa duit…bukan begitu teman?
sumber: http://pemancing.com
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hobby Mancing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger